Sabtu, 13 Oktober 2012

MARKETING


MARKETING 

Pengertian marketing  : 
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Konsep pemasaran sendiri di bagi menjadi 6 konsep :

  1. Kosep produksi 
  2. Konsep produk  
  3. Konsep penjualan
  4. Kosep pemasaran 
  5. Konsep pemasaran sosial
  6. Konsep pemasaran global


Fungsi pemasaran : 

  1.  Analisis konsumen
  2. Penjualan produk dan jasa
  3. Perencanaan produk dan jasa
  4. Penetapan harga
  5.  Distribusi
  6.  Riset pemas
  7.  Analisis peluang


Tujuan pemasaran :  

  1. Titik awalnyanya adalah konsumen target
  2. Fokusnya adalah kebutuhan konsumen
  3. Sasarananya adalah laba dari kepuasan konsumen
  4. Caranya adalah melalui paduan antara komunikasi dan promosi

Bauran pemasaran :
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
§  Product (produk)
§  Price (harga)
§  Place (tempat, termasuk juga distribusi)
§  Promotion (promosi

Strategi pemasaran

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :

     1.   Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan 
           perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang 
           dihasilkan.
  1. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
  2. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
1.   Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2.   Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut pandang penjual :
1.   Tempat yang strategis (place),
2.   Produk yang bermutu (product),
3.   Harga yang kompetitif (price), dan
4.   Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
1.   Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2.   Biaya konsumen (cost to the customer),
3.   Kenyamanan (convenience), dan
4.   Komunikasi (comunication).

Sumber : http://titayulianita.wordpress.com/2011/07/05/bab-1-pengertian-konsep-pemasaran-dan-perilaku-konsumen/