MARKETING
Pengertian marketing
:
adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia.
Konsep pemasaran sendiri di
bagi menjadi 6 konsep :
- Kosep produksi
- Konsep produk
- Konsep penjualan
- Kosep pemasaran
- Konsep pemasaran sosial
- Konsep pemasaran global
Fungsi pemasaran :
- Analisis konsumen
- Penjualan produk dan jasa
- Perencanaan produk dan jasa
- Penetapan harga
- Distribusi
- Riset pemas
- Analisis peluang
Tujuan pemasaran :
- Titik awalnyanya adalah konsumen target
- Fokusnya adalah kebutuhan konsumen
- Sasarananya adalah laba dari kepuasan konsumen
- Caranya adalah melalui paduan antara komunikasi dan promosi
Bauran pemasaran :
Bauran
pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
Strategi pemasaran
Segmentasi pasar
adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang
berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang
mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
Yang akhirnya
pemasaran memiliki tujuan yaitu :
1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan
perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang
dihasilkan.
1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan
perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang
dihasilkan.
- Perusahaan
dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan
pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari
penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan
produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai
ke tangan konsumen secara cepat.
- Mengenal
dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan
dapat terjual dengan sendirinya.
Strategi
pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
1.
Faktor mikro, yaitu
perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2.
Faktor makro, yaitu
demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut
ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut
pandang penjual :
1.
Tempat yang strategis
(place),
2.
Produk yang bermutu
(product),
3.
Harga yang kompetitif
(price), dan
4.
Promosi yang gencar
(promotion).
Dari
sudut pandang konsumen :
1.
Kebutuhan dan keinginan
konsumen (customer needs and wants),
2.
Biaya konsumen (cost to
the customer),
3.
Kenyamanan
(convenience), dan
4.
Komunikasi
(comunication).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar