Kamis, 13 Juni 2013

WASPADA PASANG CAKRAM LEBAR DI MOTOR


WASPADA PASANG CAKRAM LEBAR DI MOTOR
Berapa hal yang harus di perhatikan jika ingin pasang cakram besar  :
-          Dengan diameter cakram yang lebih lebar, tentu luas bidang yang dijepit kampas rem lebih panjang dan tentunya reaksi saat menekan sedikit tuas rem akan sangat terasa. Sesuaikan dan biasakan kemampuan rem, bisa jadi naik atau bisa juga turun. Loh, kenapa kemampuan rem bisa turun? Kualitas bahan piringan yang menentukan. Cakram yang berkualitas memang harganya bicara. Bila cukup yang harga murah meriah seperti kebanyakan yang beredar di pasaran, ukuran ketebalan kadang tidak rata, kualitas materialnya tidak cocok dengan bahan kampas sehingga tidak semakin pakem tapi malah licin.

-          yang harus diperhatikan juga, braket pemegang kaliper harus tepat pada piringannya. Bila tidak pas cakram bisa tergesek dan menimbulkan panas berlebih yang mengakibatkan cakram melengkung. Lalu yang ketiga, posisi selang pastikan tidak terjepit atau terlipat. Apalagi saat sokbreker depan naik turun, hati-hati dengan posisi kaliper yang naik ke atas. Selang yang menekuk bisa bocor atau tertekan yang bisa mengerem sendiri di luar kontrol. Bila perlu, ganti juga selang dengan kualitas yang lebih baik.

-          Terakhir, bagaimanapun kualitas cakram, entah performance rem naik atau turun, jangan lupa dibiasakan dulu. Kemungkinan kontrol rem yang dulu biasa dipakai, harus diubah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Safety tentu lebih diutamakan daripada gaya kan.

Semoga bermanfaat





Sumber : http://kilaubiru.wordpress.com/2010/04/08/hati-hati-pasang-cakram-lebar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar